Kendaraan roda 4 dengan sistem transmisi manual memiliki keuntungan yang mudah penanganannya bila mesin mobil mendadak mati dan perawatan yang tidak membutuhkan biaya mahal. Tetapi, sistem transmisi mobil manual tetap akan memiliki masalah yang membuatnya tidak berfungsi dengan baik. Biasanya salah satu kendala pada kendaraan transi manual adalah susah saat perpindahan gigi mundur, bahkan bisa saja susah saat memasukkan gigi lainnya, dimana biasanya gigi 1, 3 dan 5.
Untuk kondisi yang normal ketika mengalami susah masuk ke gigi mundur, yang perlu dilakukan adalah cukup dengan memposisikan gigi perseneling pada posisi netral. Kemudian lepas pedal kopling dan kembali menekannya sembari memindahkan tuas yang semula pada posisi netral ke gigi mundur.
Kemudian hal penting yang harus diperhatikan, pastikan menunggu kendaraan sampai berhenti dengan sempurna terlebih dahulu dengan cara mengerem, baru kemudian memindahkan gigi perseneling dari posisi gigi selain mundur ke gigi mundur, hal ini bertujuan agar putaran mesin berhenti secara sempurna dan mempermudah dalam perpindahan tuas perseneling ke gigi mundur, selain itu agar menjaga roda gigi di dalam transmisi tidak rompal atau aus.
Jika cara di atas masih tidak bisa, atau masih susah, cara lain yang bisa kita lakukan adalah dengan memasukkan terlebih dahulu tuas transmisi ke gigi 1, baru kemudian ulangi langkah diatas yakni menekan pedal kopling dengan kuat dan mengoperkan tuas perseneling ke gigi mundur lagi.
Namun jika kejadian ini terus terusan terulang, dalam artian setiap kali kita hendak memindahkan perseneling ke gigi mundur namun selalu saja gagal. Lalu seperti terasa ada yang mengganjal, mungkin memang ada masalah pada sistem transmisi mobil. Misalnya saja, kanvas kopling yang sudah tipis, atau setelan pedal kopling yang kurang pas,atau pun kabel tuas transmisi macet. Untuk itu lebih baik dicari penyebabnya terlebih dahulu, karena Pada transmisi manual terdapat 13 komponen yang saling berkesinambungan yang tergabung dalam satu unit, dan semua komponen membentuk sistem Transmisi dimana fungsinya mentransfer tenaga dari mesin ke penggerak roda.
Komponen-komponen tersebuat antara lain ; Poros Input Transmisi (Transmission Input Salt), Gigi Transmisi (Gear Transmission), Gigi Penyesuaian (Synchcroniser) , Garpu Pemindah (Shift Fork), Tuas Penghubung (Shift Lingkage), Tuas Pemindah Persneling (Gear Shift Lever), Bak Transmisi (Transmission Case), Output Shaft, Bantalan (Main Bearing), Counter Gear, Reverse Gear, Hub Slave , Speedometer Gear.
Khusus untuk penyebab gigi sistem transmisi susah masuk karena Kabel Transmisi , maka berikut tips penanganannya, khususnya untuk mobil dengan merk Toyota Avanza.
Agar Tuas transmisi kembali tegap dan digerakkan masuk dengan tepat pada posisi giginya, cukup mengganti salah satu kabel penghubung tuas transmisi yang sudah bermasalah. Jika gangguan terjadi saat ditarik dan didorong ke depan, penyebabnya kerap terjadi pada kabel samping tuas. Plastik pada ujung kabel yang terhubung langsung dengan tuas ini berwarna putih.
Berbeda dengan kabel tengah tuas yang di bagian ujungnya berwarna hitam. Saat bermasalah, gerakan ke kiri dan ke kanannya akan bertambah lebar. Kabel yang menggunakan serat kawat di dalamnya ini, sama-sama sudah terlepas di bagian pipa penyelaras akhir. Saat digerakan kawat sling menjadi lemah mendorong pemindah gigi pada rumah transmisinya. Selain karena usia pakai, pipa penyelaras bisa terlepas dari bagian kabel lantaran gerakan tuas yang kerap berlebih saat digerakkan. Saat tuas sudah mengkancing masuk pada posisi gigi yang dikehendaki, sebaiknya tidak didorong lebih.
Proses penggantian kabel ini relatif repot. Lantaran Anda perlu melepas kabel hingga bagian pengungkit yang ada di kolong mobil, ritualnya bisa mulai dari melepas konsol boks yang menutupi tuas atas. Setelah terlihat mekanisme tuas atas ini, barulah bisa melepas plastik pengaitnya dari tuas dan pelat pengunci tuas.
Untuk membebaskan kabel bagian bawah, kedua baut pengikat kabel dengan kolong bodi perlu dilepas dengan bantuan kunci 10 terlebih dulu. Selanjutnya melepas pelat penahan kabel dengan transmisi dengan bantuan tang kombinasi ke arah luar coakan pelat .
Terakhir cabut klip ujung kabel yang terhubung dengan transmisi untuk membebaskan satu bagian kabel ini. Pemasangan kembali kabel yang baru bisa Anda mulai dari ujung kabel yang diberi kawat klip dan terhubung langsung dengan transmisi, lalu kembali berurutan ke tuas atas. Kabel yang sudah tegang jadi mudah lagi untuk dimasukan pada posisi gigi yang Anda pilih alias tidak loyo lagi.
BACA JUGA ; Dengan Pembaca yang dominan tersebar di 10 negara (Idn,Usa,Rud,Frc, Ind,Mas,Ant,Bra,Ger,Kor) Web Jonadoctor.blogspot.com siap menjadi mitra promosi usaha atau hajat anda
Harga sparepart kabel transmisi manual kendaraan roda 4 memang bervariasi , tergantung merk dan tipe mobil . Untuk harga sparepart aftermarket kondisi baru juga bervariasi karena ada yang original, palsu (tiruan ) dan bahkan gebox (genuine box ; box nya saja asli, tetapi isi sparepart palsu atau tiruan ). Namun, harga sparepart bekas tentu lebih murah daripada yang Kondisi baru, dan biasanya justru terjamin originalitas nya dibanding kondisi baru, karena sparepart bekas ini biasanya sudah menjadi satu dengan unit mobil sejak pembelian baru dari dealer mobil. Dan tentu bagi anda yang belum berpengalaman membeli serta memilih sparepart aftermarket, lebih aman, bila membeli sparepart bekas tapi original.
Berikut contoh sparepart ;
1. KABEL SELING TRANSMISI MANUAL AVANZA LAMA 1300 CC ( kondisi Bekas masih bagus ; diganti karena sudah membeli kabel seling yang baru )
Alat ini digunakan untuk geser tuas transmisi ke kanan kiri maju dan mundur (R). (kondisi bekas, original dari mobil avanza G 1300 cc non vvti ), dimana kami mengganti sparepart yang baru karena sudah terlanjur membeli dan keliru membeli , dimana seharusnya yang diganti dari mobil kami, adalah kabel transmisi yang untuk memasukkan gigi persneling baik gigi 1,2,3,4,5.
2. Kayaba Premium ( Warna Hitam ) , Shock breaker / Absorber Belakang untuk Avanza, Xenia ( Kondisi BARU, belum jadi dipasang di unit kendaraan kami,karena shock breaker lama setelah di cek ulang pada lain tempat, masih standard untuk dipakai ).
Kami juga siap menjadi mitra anda dalam mencarikan kebutuhan sparepart mobil (utamanya TOYOTA) dengan harga bersahabat baik kondisi BARU atau BEKAS dan tentu original sesuai merk dagang yang tersedia ( bukan geboks atau produk tiruan ).
Anda bisa hubungi administrator kami di dua nomor WA berikut ini :
1. Ny.A.sekar.T
2.Tn.Is.D
TESTIMONI PEMBELI YANG MENDAPATKAN PRODUK MELALUI KAMI ( JONADOCTOR, HEALTH AND BUSINESS ), bisa anda baca di akhir artikel berikut ini ;
Sumber :
- Pengalaman tim IT jonadoctor Informasi Bisnis dan Kesehatan dalam merawat property kendaraan roda 4 merk Toyota Avanza G tahun 2005 1300 cc
- web otosia
- web gridoto
-weblog wordpress pedulikip
DISCLAIMER ;
"Kami adalah manusia biasa yang tidak luput dari kealpaan, namun kami juga manusia yang selalu berusaha belajar menerapkan kebaikan. Dengan Demikian, kami berharap kritik dan saran positif secara baik terhadap konten tulisan kami, walaupun kami selalu berusaha maksimal mencari sumber yang paling benar dan memantau perkembangan sumber ilmunya. Semoga Allah ,Tuhan Yang Maha Esa me-Ridhoi usaha kami dan rekan pembaca dalam berbagi ilmu kebenaran ,demi Kemaslahatan Dunia Untuk Akhirat, serta dihindarkan dari tindakan pencemaran Nama baik, diskriminasi suku,agama,ras, Antar golongan, pelanggaran hukum agama dan negara serta Pelanggaran Hak cipta. Terima Kasih", Salam sehat lahir batin, Sukses selalu dan kembali Jaya Negara Kesatuan Republik Indonesia.
Jonadoctor 2008 - 2021 ( contact us , mail : jonadoctorspot@gmail.com )
0 comments:
Posting Komentar